Single Blog Title

This is a single blog caption
31 Dec 2019

Bunga Rampai Geofisika Global 2019

/
Posted By

 

Sampul buku Bungan Rampai Geofisika Global 2019

Buku Geofisika Global edisi 2019 ini terdiri dari sembilan artikel yang mencakup hasil- hasil penelitian yang dilakukan oleh anggota Kelompok Keahlian Geofisika Global (KK GG) dan tim, serta satu artikel yang menceritakan tentang sejarah KK GG. Selain se- bagai dokumentasi terhadap hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan, buku ini juga disusun untuk memberikan gambaran tentang lingkup penelitian di KK GG.

 

Lebih jauh, kami berharap buku ini bisa menjadi salah satu rujukan bagi mahasiswa dalam menem- puh studinya. Sembilan artikel tersebut dapat dikelompokkan kedalam beberapa bidang kajian, seperti : 1. Seismologi gempa bumi, 2. Seismic hazard, 3. Geofisika teknik dan lingkungan, dan 4. Vulkanologi. Dasar teori untuk beberapa kajian diuraikan secara rinci, dengan harapan dapat memberikan pemahaman yang baik pada pembaca terhadap dasar matematis dan fisika dari suatu kajian. Selain itu, aspek-aspek aplikasinya diberikan tempat yang sangat memadai mulai dari cakupan yang bersifat regional hingga yang sa- ngat lokal.

 

Beberapa artikel membahas kajian-kajian yang relatif baru atau masih dalam tahap pengembangan dalam bidang geofisika. Buku ini disusun dengan urutan bab sebagai berikut: Bab 1. Sejarah Kelompok Keahlian/ Keilmuan Geofisika Global, Bab 2.Update katalog relokasi gempa di Indonesia, Bab 3. Analisa bahaya seismik di Pulau Sumatra, Bab 3. Pemetaan respon dinamik tanah di Kota Palu, Bab 4. Seismisitas di Jawa bagian barat, Bab 5. Analisis stress dan stabilitas terowongan bawah tanah, Bab 6.Seismic active processing di Danau Towuti, Bab 7. Pemasangan seismometer di sekitar Gunung Agung, Bali, Bab 8. Pengamatan deformasi permukaan di Palu menggunakan GPS, dan Bab 9. Metode kemagnetan batuan untuk studi vulkanologi.

 

Kami berharap tujuan penyusunan buku ini dapat tercapai secara optimal sehingga berkontribusi dalam pengayaan bahan acuan studi untuk para mahasiswa yang mendalami bidang geofisika khususnya, serta lebih jauh bisa memberikan bahan kajian untuk semua kalangan yang memanfaatkan metoda geofisika untuk keperluan lainnya seperti di dunia industri, kajian kebencanaan serta masalah-masalah lingkungan di berbagai instansi-instansi penelitian. Segala kritik dan saran akan senantiasa kami tunggu serta akan kami jadikan sebagai ba- han evaluasi untuk perbaikan kedepannya.

 

-Tim Editor-